PPL SMP 2 GONDANG




PENGURUS KEGIATAN PPL
MAHASISWA STKIP PGRI TULUNGAGUNG
SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013

Dosen Pembimbing Lapangan            : 1. DR. Eny Setyowati, S.P., S.Pd., M.M.
                                                            : 2. Drs. Maskur, M.Pd.
Ketua                                                  : Jatisepti Vilayani
Wakil                                                   : Oky Prababti
Sekertaris                                            : Novia Hardiningrum
: Nanda Ari Kusuma
Bendahara                                           : Rindang Dwi Prasesty
: Ika Yulianti
Anggota                                              :

1
Agus Riyani
11
Ika Yulianti
2
Agustina Murdika .A
12
Ivan Wahyudi
3
Angga Nonikasari
13
Kayatun
4
Dyah Putri P.S
14
Luluk Choiriyah
5
Endah Setyawati
15
Rima Widya Astuti
6
Fatma Dwi Susanti
16
Sawung Pandu Yuda
7
Hendik Agus Tryono
17
Septi Kunrniawati
8
Heni Sri Wahyuni
18
Siti Lailatul B
9
Henni Asmawati
19
Sugeng Tiyono
10
Ida Koiryana Dewi
20
Tri Ratna Ayuningtyas


Ketua Kita                                             Upacara Penutupan PPL
  










A.  Pengertian PPL
Dalam rangka menghasilkan calon tenaga kependidikan diberikan mata kuliah Program Pengalaman Lapangan yang merupakan bagian integral pada kurikulum STKIP PGRI Tulungagung. Mahasiswa yang memprogram PPL harus telah lulus Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) dan minimal telah lulus 75% dari masing-masing kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan kurikulum yang wajib deprogram dan dilaksanakan oleh mahasiswa dalam bentuk latihan mengajar secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Kegitan Program Pengalaman Lapangan terdiri atas Program Pengalaman Lapangan di kampus dan Program Pengalaman Lapangan di luar kampus.
Program Pengalaman Lapangan (PPL) di kampus merupakan bagian dari pola penyelenggaraan PPL yang dilaksanakan di kampus. Kegiatan PPL di kampus dititikberatkan pada menyusun persiapan mengajar tertulis dan penerapannya dalam latihan ketrampilan mengajar terbatas (peer teaching) serta latihan mengajar terintegrasi.
Program Pengalaman Lapangan di kampus bertujuan agar mahasiswa memiliki wawasan dan ketrampilan dasar mengajar yang diperukan dalam kegiatan PPL di sekolah. Program Pengalaman Lapangan di kampus dilaksanakan pada saat mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching atau mata kuliah serumpun dan dikoordinasi oleh program studi masing-masing.
Kegiatan PPL di kampus meliputi pengajaran micro, persiapan mengajar tertulis dan penguasaan ketrampilan dasar mengajar yang terdiri dari :
1.    Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran.
2.    Ketrampilan menjelaskan.
3.    Ketrampilan memberi penguatan.
4.    Ketrampilan bertanya.
5.    Ketrampilan menggunakan variasi.
6.    Ketrampilan mengelola kelas.
7.    Ketrampilan terintegrasi (simulasi).
Hasil dari Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di kampus diterapkan kembali oleh mahasiswa melalui Program Pengalaman Lapangan di luar kampus yang merupakan praktik latihan mengajar di sekolah latihan yang ditunjuk, dalam hal ini UPTD SMP Negeri 2 Gondang, dengan bimbingan yang diberikan oleh Guru Pamong, Kepala Sekolah serta dosen pembimbing

B.   Tujuan
Program Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang berkompeten dengan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kependidikan. Di samping itu, PPL juga merupakan wahana untuk membentuk tenaga kependidikan yang professional sehingga memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya, serta mampu menerapkannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah maupun di luar sekolah.

C.   Ruang Lingkup Kegiatan PPL
1.    Observasi dan Orientasi
a.    Kegiatan observasi dan orientasi lapangan ditujukan agar mahasiswa mengenal dan menghayati kehidupan nyata di sekolah, meliputi : kondisi fisik, administrasi, bidang akademik (observasi terhadap PBM dan kepembimbingan oleh guru pamong, serta lingkungan social – psikologis sekolah).
b.    Hasil observasi dan orientasi lapangan digunakan untuk merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, serta bahan menyusun laporan individu maupun laporan kelompok.

2.    Ajar Terbimbing
Dalam ajar terbimbing mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di bawah bimbingan guru pamong. Dalam kegiatan ini mahasiswa dibimbing dan diawasi oleh guru pamong dalam hal :
a).   penyusunan program tahunan dan program semester.
b).   pengembangan materi, media dan sumber belajar,
c).   penyusunan silabus dan rencana pembelajaran,
d).   pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi,

3.    Ajar Mandiri
Dalam kegiatan ajar mandiri mahasiswa diberi kebebasan untuk merancang program pembelajaran, membuat materi, media pembelajaran, metode pembelajaran dan jenis penilaian yang akan dipraktikkan dengan mengacu kepada silabus.


4.    Tugas Non Mengajar
Sebagai penunjang dalam kegiatan PPL mahasiswa harus mengetahui dan ikut menangani berbagai kegiatan baik administrasi maupun aktifitas siswa di luar kelas. Kegiatan non mengajar yang harus dialami mahasiswa seperti :
a).   Membuat RPP, daftar hadir siswa dan jurnal mengajar,
b).   Mengetahui administrasi pendidikan seperti buku absensi siswa, visi misi sekolah dan sebagainya,
c).   Menangani kegiatan-kegiatan lain yang terkait dengan aktivitas sekolah (misalnya : kegiatan jum’at bersih, upacara hari senin, piket sesuai jadwal yang telah dibuat bersama, mengedarkan tugas bagi guru yang berhalangan mengajar, merekap presensi harian siswa, dan lain-lain).
Kegiatan – kegiatan di luar kegiatan ajar nyata perlu dimasukkan ke dalam jadwal kegiatan mahasiswa yang dilampirkan dalam laporan individu dan menjadi bahan pertimbangan penilaian kepribadian mahasiswa.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | nanda Template | Mas Template
Copyright © 2011. SAYANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Nanda
Proudly powered by Blogger