Skrip kooperatif adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
1.
Guru membagi siswa untuk
berpasangan.
2.
Guru membagikan wacana / materi tiap
siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang
pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4.
Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang
kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5.
Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di
atas.
6.
Kesimpulan guru.
7.
Penutup.
Kelebihan:
·
Melatih pendengaran, ketelitian /
kecermatan.
·
Setiap siswa mendapat peran.
·
Melatih mengungkapkan kesalahan
orang lain dengan lisan.
Kekurangan:
·
Hanya digunakan untuk mata pelajaran
tertentu
·
Hanya dilakukan dua orang (tidak
melibatkan seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang
tersebut).
Posting Komentar