ROUND CLUB ATAU KELILING
KELOMPOK
Model Pembelajaran Round Club Atau Keliling Kelompok adalah
kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerjasama saling membantu
mengkontruksi konsep. Menyelesaikan persoalan atau inkuiri. Menurut teori dan
pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok
terdiri dari 4-5 orang, siswa heterogen (kemampuan gender, karakter) ada
control dan fasilitasi, serta meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa
laporan atau presentasi.
Model pembelajaran ini dimaksudkan
agar masing-masing anggota kelompok mendapat serta pemikiran anggota lain.
Kelebihan Round Club
Atau Keliling Kelompok
1) Adanya
tanggung jawab setiap kelompok
2) Adanya
pemberian sumbnagan ide pada kelompoknya
3) Lebih
dari sekedar belajar kelompok
4) Bisa
saling mendengarkan dan mengutarakan pendapat, pandangan serta hasil pemikiran
5) Hasil
pemikiran beberapa kepala lebih kaya dari pada satu kepala
6) Dapat
membina dan memperkaya emosional
Kekurangan Round Club
Atau Keliling Kelompok
1) Banyak
waktu yang terbuang dalam pembelajaran keliling kelompok
2) Suasana
kelas menjadi rebut
3) Tidak
dapat diterapkan pada mata pelajaran yang memerlukan pengayaan
Langkah-langkah
pembelajaran
1) Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompotensi dasar
2) Guru
membagi siswa menjadi kelompok
3) Guru
memberikan tugas atau lembar kerja
4) Salah
satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan
pemikiran mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
5) Siswa
berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
6) Demikian
seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jamk atau
dari kiri ke kanan
unsur-unsur yang perlu
diperhatikan
1) Setiap
kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka
2) Ketika
suatu kelompok mempresentasikan hasil dari deskripsinya, maka kelompok lain
lebih bertanya dari hasil deskripsi materinya
3) Setelah
selesai dari kelompok yang satu maka yang lainnya atau kelompok selanjutnya
yang mempresentasikan dan yang alinnya bisa mengajukan pandangan dan pemikiran
anggota lainnya
4) Kegiatan
tersebut terus-menerus sampai kelompok yang terakhir yang silaksanakan arah
perputaran jarum jam
Contoh RPP
model pembelajaran ini :
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA )
Tema
: Perubahan Sifat Benda
Kelas/Semester
: V/II
Alokasi Waktu
: 2 X 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Mengenal berbagai macam perubahan sifat-sifat benda
B. Kompotensi Dasar
Mengetahui perubahan sifat ada yang dapat kembali dan ada yang tidak dapat
kembali ke wujud semula.
C. Indikator
1. Menjelaskan perubahan sifat benda dan factor-faktor yang
mempengaruhinya
2. Mengetahui sifat-sifat benda
3. Menjelaskan macam –macam perubahan sifat benda
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui perubahan sifat benda dan factor-faktor
yang
mempengaruhinya
2.
Siswa dapat mengetahui sifat-sifat
benda
3.
Siswa dapat mengetahui macam-macam
perubahan sifat benda.
E. Materi Pokok
Perubahan sifat-sifat benda
F. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Demosntrasi
4.
Tugas kelompok
5.
Evaluasi
G. Sumber dan Media
Pembelajaran
a.
Sumber
1.Buku IPA saling Temas, kelas 5,
Penerbit Intan Pariwara
2.Buku Sains IPA, kelas 5, Penerbit
Erlangga
b. Media Pembelajaran
Bahan-bahan buat percobaan seperti :
1. Tanah
liat
6. Buah
2. Batu
bara
7. Paku
3. Kertas
8. Air
4. Korek
api
9. Gula
5. Lilin
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan awal ( ± 5
menit )
a. Guru
memberi salam, berdo’a, menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa.
b. Guru
dan siswa menyiapkan materi atau bahan pelajaran
c. Guru
memberitahukan indicator dan tujuan yang akan di capai setelah pembelajaran
d. Guru
melakukan apersepsi dengan cara tanya jawab
2. Kegiatan Inti (± 60
menit )
a. Guru
menjelaskan materi pelajaran
b. Guru
memberikan contoh bagaimana perubahan sifat benda tersebut
c. Guru
menjelaskan sifat-sifat benda seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan
bau
d. Guru
menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi perubahan sifat benda
e. Guru
mendemostrasikan bagaimana penyebab perubahan sifat benda itu dapat
terjadi
f. Guru
menjelaskan dan mendemostrasikan macam-macam perubahan sifat benda
g. Guru
mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa secara lisan
h. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
i. Siswa
disuruh untuk mengisi table-tabel yang ada di buku paket hal.71 dan 74 dan
menyalinnya di buku tugas.
j. Siswa
disuruh memberikan pandangan dan pemikiran mengenai tugas yang sedang mereka
kerjakan
k. Siswa
dalam kelompok lain juga disuruh ikut memberikan kontribusinya dan dilaksanakan
searah dengan perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan.
3.
Kegiatan akhir (± 5 menit )
a. Guru
memberikan motivasi dan penguatan
b. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang materi yang dipelajarinya.
c. Guru
melakukan evaluasi dengan memberikan soal-soal untuk PR
d. Guru
menutup pelajaran
I. Penilaian
Penilaian dilakukan dengan tes dan tulisan
1.
Tes lisan : - ketepatan jawaban
-
keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak
Bentuk tes : Tanya jawab
2.
Tes tertulis : - tugas kelompok
- evaluasi
Bentuk istrumen : tes isian
J. Evaluasi
SOAL :
1. Proses perubahan dari cair ke
padat disebut ?
a. memhuap
b. membeku
c. menyublim
d. mencair
e. mengembun
Posting Komentar