1. Apa
perkembangan individu itu?
Perkembangan
dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis, progresif dan
berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau
dapat diartikan pula sebagai perubahan – perubahan yang dialami individu menuju
tingkat kedewasaan atau kematangannya.
2. Apa
yang dimaksud dengan sistematis ?
Sistematis
adalah bahwa perubahan dalam perkembangan itu bersifat saling kebergantungan
atau saling mempengaruhi antara satu bagian dengan bagian lainnya, baik fisik
maupun psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis. Contoh : kemampuan
berbicara seseorang akan sejalan dengan kematangan dalam perkembangan
intelektual atau kognitifnya. Kemampuan berjalan seseorang akan seiring dengan
kesiapan otot-otot kaki. Begitu juga ketertarikan seorang remaja terhadap jenis
kelamin lain akan seiring dengan kematangan organ-organ seksualnya.
3. Apa
yang dimaksud dengan progresif ?
Progresif
berarti perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat dan meluas, baik secara
kuantitatif (fisik) mapun kualitatif (psikis). Contoh : perubahan proporsi dan
ukuran fisik (dari pendek menjadi tinggi dan dari kecil menjadi besar);
perubahan pengetahuan dan keterampilan dari sederhana sampai kepada yang
kompleks (mulai dari mengenal huruf sampai dengan kemampuan membaca buku).
4. Apa
yang dimaksud dengan berkesinambungan ?
Berkesinambungan
artinya bahwa perubahan pada bagian atau fungsi organisme itu berlangsung
secara beraturan atau berurutan. Contoh : untuk dapat berdiri, seorang anak
terlebih dahulu harus menguasai tahapan perkembangan sebelumnya yaitu kemampuan
duduk dan merangkak.
5. Apa
ciri-ciri perkembangan individu?
Perkembangan
individu mempunyai ciri-ciri umum sebagai berikut :
1.
Terjadinya perubahan dalam aspek :
* Fisik;
seperti : berat dan tinggi badan.
* Psikis; seperti : berbicara dan berfikir.
* Psikis; seperti : berbicara dan berfikir.
2.
Terjadinya perubahan dalam proporsi.
* Fisik;
seperti : proporsi tubuh anak berubah sesuai dengan fase perkembangannya.
* Psikis; seperti : perubahan imajinasi dari fantasi ke realistis.
* Psikis; seperti : perubahan imajinasi dari fantasi ke realistis.
3.
Lenyapnya tanda-tanda yang lama.
* Fisik;
seperti: rambut-rambut halus dan gigi susu, kelenjar thymus dan kelenjar
pineal.
* Psikis; seperti : lenyapnya masa mengoceh, perilaku impulsif.
* Psikis; seperti : lenyapnya masa mengoceh, perilaku impulsif.
4.
Diperolehnya tanda-tanda baru.
* Fisik;
seperti : pergantian gigi dan karakteristik sex pada usia remaja, seperti kumis
dan jakun pada laki dan tumbuh payudara dan menstruasi pada wanita, tumbuh uban
pada masa tua.
* Psikis; seperti berkembangnya rasa ingin tahu, terutama yang berkaitan dengan sex, ilmu pengetahuan, nilai-nilai moral dan keyakinan beragama.
* Psikis; seperti berkembangnya rasa ingin tahu, terutama yang berkaitan dengan sex, ilmu pengetahuan, nilai-nilai moral dan keyakinan beragama.
6. Apa
prinsip-prinsip perkembangan inidividu?
Prinip-
prinsip perkembangan individu, yaitu :
1.
Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti.
2. Semua aspek perkembangan saling berhubungan.
3. Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan.
4. Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas.
5. Setiap individu normal akan mengalami tahapan perkembangan.
6. Perkembangan mengikuti pola atau arah tertentu.
7. Bagaimana pola atau arah perkembangan inidividu?
2. Semua aspek perkembangan saling berhubungan.
3. Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan.
4. Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas.
5. Setiap individu normal akan mengalami tahapan perkembangan.
6. Perkembangan mengikuti pola atau arah tertentu.
7. Bagaimana pola atau arah perkembangan inidividu?
Arah atau
pola perkembangan sebagai berikut :
1.
Cephalocaudal & proximal-distal (perkembangan manusia itu mulai dari kepala
ke kaki dan dari tengah (jantung, paru dan sebagainya) ke samping (tangan).
2. Struktur mendahului fungsi.
3. Diferensiasi ke integrasi.
4. Dari konkret ke abstrak.
5. Dari egosentris ke perspektivisme.
6. Dari outer control ke inner control.
2. Struktur mendahului fungsi.
3. Diferensiasi ke integrasi.
4. Dari konkret ke abstrak.
5. Dari egosentris ke perspektivisme.
6. Dari outer control ke inner control.
8.
Bagaimana tahapan-tahapan perkembangan individu?
Dalam
berbagai literatur kita dapati berbagai pendekatan dalam menentukan tahapan
perkembangan individu, diantaranya adalah pendekatan didaktis. Dalam hal ini,
Syamsu Yusuf (2003) mengemukakan tahapan perkembangan individu dengan
menggunakan pendekatan didaktis, sebagai berikut :
Masa Usia
Pra Sekolah
Masa Usia
Pra Sekolah terbagi dua yaitu (1) Masa Vital dan (2) Masa Estetik
1. Masa
Vital; pada masa ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk
menemukan berbagai hal dalam dunianya. Untuk masa belajar pada tahun pertama
dalam kehidupan individu , Freud menyebutnya sebagai masa oral (mulut), karena
mulut dipandang sebagai sumber kenikmatan dan merupakan alat untuk melakukan
eksplorasi dan belajar.Pada tahun kedua anak belajar berjalan sehingga anak
belajar menguasai ruang, mulai dari yang paling dekat sampai dengan ruang yang
jauh. Pada tahun kedua umunya terjadi pembiasaan terhadap kebersihan. Melalui
latihan kebersihan, anak belajar mengendalikan impuls-impuls atau
dorongan-dorongan yang datang dari dalam dirinya.
2. Masa Estetik; dianggap sebagai masa perkembangan rasa keindahan. Anak bereksplorasi dan belajar melalui panca inderanya. Pada masa ini panca indera masih sangat peka.
Masa Usia
Sekolah Dasar
Masa Usia
Sekolah Dasar disebut juga masa intelektual, atau masa keserasian bersekolah
pada umur 6-7 tahun anak dianggap sudah matang untuk memasuki sekolah. Masa
Usia Sekolah Dasar terbagi dua, yaitu : (a) masa kelas-kelas rendah dan (b)
masa kelas tinggi.
Ciri-ciri
pada masa kelas-kelas rendah(6/7 – 9/10 tahun) :
1. Adanya
korelasi positif yang tinggi antara keadaan jasmani dengan prestasi.
2. Sikap tunduk kepada peraturan-peraturan permainan tradisional.
3. Adanya kecenderungan memuji diri sendiri.
4. Membandingkan dirinya dengan anak yang lain.
5. Apabila tidak dapat menyelesaikan suatu soal, maka soal itu dianggap tidak penting.
6. Pada masa ini (terutama usia 6 – 8 tahun) anak menghendaki nilai angka rapor yang baik, tanpa mengingat apakah prestasinya memang pantas diberi nilai baik atau tidak.
2. Sikap tunduk kepada peraturan-peraturan permainan tradisional.
3. Adanya kecenderungan memuji diri sendiri.
4. Membandingkan dirinya dengan anak yang lain.
5. Apabila tidak dapat menyelesaikan suatu soal, maka soal itu dianggap tidak penting.
6. Pada masa ini (terutama usia 6 – 8 tahun) anak menghendaki nilai angka rapor yang baik, tanpa mengingat apakah prestasinya memang pantas diberi nilai baik atau tidak.
Ciri-ciri
pada masa kelas-kelas tinggi (9/10-12/13 tahun) :
1. Minat
terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret.
2. Amat realistik, rasa ingin tahu dan ingin belajar.
3. Menjelang akhir masa ini telah ada minat kepada hal-hal atau mata pelajaran khusus sebagai mulai menonjolnya bakat-bakat khusus.
4. Sampai usia 11 tahun anak membutuhkan guru atau orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi keinginannya. Selepas usia ini pada umumnya anak menghadapi tugas-tugasnya dengan bebas dan berusaha untuk menyelesaikannya.
5. Pada masa ini anak memandang nilai (angka rapor) sebagai ukuran tepat mengenai prestasi sekolahnya.
6. Gemar membentuk kelompok sebaya untuk bermain bersama. Dalam permainan itu mereka tidak terikat lagi dengan aturan permainan tradisional (yang sudah ada), mereka membuat peraturan sendiri.
2. Amat realistik, rasa ingin tahu dan ingin belajar.
3. Menjelang akhir masa ini telah ada minat kepada hal-hal atau mata pelajaran khusus sebagai mulai menonjolnya bakat-bakat khusus.
4. Sampai usia 11 tahun anak membutuhkan guru atau orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi keinginannya. Selepas usia ini pada umumnya anak menghadapi tugas-tugasnya dengan bebas dan berusaha untuk menyelesaikannya.
5. Pada masa ini anak memandang nilai (angka rapor) sebagai ukuran tepat mengenai prestasi sekolahnya.
6. Gemar membentuk kelompok sebaya untuk bermain bersama. Dalam permainan itu mereka tidak terikat lagi dengan aturan permainan tradisional (yang sudah ada), mereka membuat peraturan sendiri.
Masa Usia
Sekolah Menengah
Masa usia
sekolah menengah bertepatan dengan masa remaja, yang terbagai ke dalam 3 bagian
yaitu :
1. masa
remaja awal; biasanya ditandai dengan sifat-sifat negatif, dalam jasmani dan
mental, prestasi, serta sikap sosial,
2. masa remaja madya; pada masa ini mulai tumbuh dorongan untuk hidup, kebutuhan akan adanya teman yang dapat memahami dan menolongnya. Pada masa ini sebagai masa mencari sesuatu yang dipandang bernilai, pantas dijunjung dan dipuja.
3. masa remaja akhir; setelah remaja dapat menentukan pendirian hidupnya, pada dasarnya telah tercapai masa remaja akhir dan telah terpenuhi tugas-tugas perkembangan pada masa remaja, yang akan memberikan dasar bagi memasuki masa berikutnya yaitu masa dewasa.
2. masa remaja madya; pada masa ini mulai tumbuh dorongan untuk hidup, kebutuhan akan adanya teman yang dapat memahami dan menolongnya. Pada masa ini sebagai masa mencari sesuatu yang dipandang bernilai, pantas dijunjung dan dipuja.
3. masa remaja akhir; setelah remaja dapat menentukan pendirian hidupnya, pada dasarnya telah tercapai masa remaja akhir dan telah terpenuhi tugas-tugas perkembangan pada masa remaja, yang akan memberikan dasar bagi memasuki masa berikutnya yaitu masa dewasa.
Masa Usia
Kemahasiswaan (18,00-25,00 tahun)
Masa ini
dapat digolongkan pada masa remaja akhir sampai masa dewasa awal atau dewasa
madya, yang intinya pada masa ini merupakan pemantapan pendirian hidup.
9. Apa
tugas perkembangan individu itu?
Havighurst
(1961) mengemukakan bahwa : “ A developmental task is a task which arises at or
about a certain period in the life of the individual, succesful achievement of
which leads to his happiness and to success with later task, while failure
leads to unhappiness in the individual, disaproval by society, difficulty with
later task.
10. Tugas
perkembangan apa yang harus dicapai pada masa bayi dan kanak-kanak awal
(0,0–6.0) ?
Tugas
perkembangan yang harus dicapai pada masa bayi dan kanak - kanak awal (0,0–6.0)
adalah :
1. Belajar
berjalan pada usia 9.0 – 15.0 bulan.
2. Belajar memakan makan padat.
3. Belajar berbicara.
4. Belajar buang air kecil dan buang air besar.
5. Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin.
6. Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis.
7. Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan sosial dan alam.
8. Belajar mengadakan hubungan emosional dengan orang tua, saudara, dan orang lain.
9. Belajar mengadakan hubungan baik dan buruk dan pengembangan kata hati.
2. Belajar memakan makan padat.
3. Belajar berbicara.
4. Belajar buang air kecil dan buang air besar.
5. Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin.
6. Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis.
7. Membentuk konsep-konsep sederhana kenyataan sosial dan alam.
8. Belajar mengadakan hubungan emosional dengan orang tua, saudara, dan orang lain.
9. Belajar mengadakan hubungan baik dan buruk dan pengembangan kata hati.
11. Tugas
perkembangan apa yang harus dicapai pada masa kanak-kanak akhir dan anak
sekolah (6,0-12.0)?
Tugas
perkembangan yang harus dicapai pada masa kanak - kanak akhir dan anak sekolah
(0,0–6.0) adalah :
1. Belajar
memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan.
2. Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
3. Belajar bergaul dengan teman sebaya.
4. Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya.
5. Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
6. Belajar mengembangkan konsep-konsep sehari-hari.
7. Mengembangkan kata hati.
8. Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi.
9. Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok sosial.
2. Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis.
3. Belajar bergaul dengan teman sebaya.
4. Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya.
5. Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung.
6. Belajar mengembangkan konsep-konsep sehari-hari.
7. Mengembangkan kata hati.
8. Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi.
9. Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok sosial.
12. Tugas
perkembangan apa yang harus dicapai pada masa remaja (12,0-21.0)?
Tugas
perkembangan yang harus dicapai pada masa remaja (21,0–21.0) adalah :
1.
Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya.
2. Mencapai peran sosial sebagai pria atau wanita.
3. Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif.
4. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
5. Mencapai jaminan kemandirian ekonomi.
6. Memilih dan mempersiapkan karier.
7. Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga.
8. Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.
9. Mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial.
10. Memperoleh seperangkat nilai sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam berperilaku.
2. Mencapai peran sosial sebagai pria atau wanita.
3. Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif.
4. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
5. Mencapai jaminan kemandirian ekonomi.
6. Memilih dan mempersiapkan karier.
7. Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga.
8. Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.
9. Mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial.
10. Memperoleh seperangkat nilai sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam berperilaku.
13. Tugas
perkembangan apa yang harus dicapai pada Masa Dewasa Awal (21 – dst) ?
Tugas
perkembangan yang harus dicapai pada masa dewasa awal (21,0–dst) adalah :
1. Memilih
pasangan.
2. Belajar hidup dengan pasangan.
3. Memulai hidup dengan pasangan.
4. Memelihara anak.
5. Mengelola rumah tangga.
6. Memulai bekerja.
7. Mengambil tanggung jawab sebagai warga negara.
8. Menemukan suatu kelompok yang serasi.
2. Belajar hidup dengan pasangan.
3. Memulai hidup dengan pasangan.
4. Memelihara anak.
5. Mengelola rumah tangga.
6. Memulai bekerja.
7. Mengambil tanggung jawab sebagai warga negara.
8. Menemukan suatu kelompok yang serasi.
Posting Komentar